10 Tempat Wisata Terbaik di Madagaskar
Wisata Alam,  Wisata Rohani,  Wisata Sejarah

10 Tempat Wisata Terbaik di Madagaskar

Salah satu area utama terakhir di Bumi yang harus dihuni oleh manusia, keindahan alam dan keanekaragaman ekologis Madagaskar membuatnya terasa seperti negara yang dilupakan oleh waktu. Terletak di lepas pantai timur Afrika di Samudera Hindia, Madagaskar adalah rumah bagi ribuan spesies tumbuhan dan hewan yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Keanekaragaman alam Madagaskar yang luar biasa telah membuat negara itu mendapat julukan “Benua Kedelapan”. Sebuah pemujaan leluhur dan tradisi meresapi budaya nasional, suatu penghormatan yang tercermin dalam arsitektur, seni, dan perilaku sosial negara itu. Kunjungi tempat-tempat wisata terkenal di Madagaskar untuk menemukan sendiri keanekaragaman alam, budaya, dan sejarah yang ada di Madagaskar.

10. Taman Nasional Ranomafana

Terletak di wilayah tenggara Madagaskar dekat desa Ranomafana, Taman Nasional Ranomafana adalah salah satu taman paling populer di negara ini. Bagian timur taman adalah yang paling indah, dengan banyak aliran yang mengalir melalui bukit-bukit berhutan lebat. Taman ini adalah rumah bagi lemur bambu emas yang terancam punah, hewan yang dietnya termasuk rebung yang mengandung dosis sianida yang akan mematikan bagi hewan lain, namun lemur emas yang menawan memakan bambu tanpa efek buruk.

9. Taman Nasional Masoala

Terletak di timur laut Madagaskar, Taman Nasional Masoala mencakup hampir 250 mil dari hutan hujan dan mencakup tiga taman laut juga. Taman ini memiliki sepuluh spesies lemur, termasuk Aye-aye, primata nokturnal terbesar di dunia. Taman ini juga merupakan rumah bagi beragam burung dan reptil, termasuk katak Tomat, dinamai karena warna merahnya yang cerah. Taman laut Tampolo, Ambodilaitry, dan Ifaho ideal untuk snorkeling dan petualangan kayak.

8. Taman Nasional Andasibe-Mantadia

Meliputi sekitar 100 mil daratan di Madagaskar timur, Taman Nasional Andasibe-Mantadia adalah rumah bagi sebelas spesies lemur, termasuk lemur terbesar di negara itu, Indri. Terletak di dekat ibu kota Madagaskar, Antananarivo, Andasibe-Mantadia adalah salah satu taman termudah untuk dikunjungi. Taman ini terbagi menjadi dua area, Taman Nasional Mantadia dan Cagar Analamazoatra. Pemandu lokal melakukan tur 1-6 jam di kedua wilayah.

7. Bukit Kerajaan Ambohimanga

Dianggap sebagai salah satu tempat paling sakral di negara itu oleh orang-orang Malagasi selama 500 tahun, Bukit Kerajaan Ambohimanga adalah desa bersejarah yang pernah menjadi rumah bagi bangsawan Madagaskar. Dinding yang mengelilingi desa itu dibuat pada tahun 1847 dan dibangun dengan lesung yang terbuat dari kapur dan putih telur. Kompleks Mahandrihono mencakup bekas rumah Raja Andrianampoinimerina, dengan dinding yang terbuat dari kayu rosewood padat, dan artefak raja besar pulau itu, termasuk drum, senjata, dan jimat.

6. Ifaty

Ifaty adalah nama yang diberikan kepada dua desa nelayan berdebu di pantai Madagaskar barat daya. Di lepas pantai, terumbu karang sepanjang 60 mil merupakan penghalang alami bagi gelombang laut yang kasar, menciptakan perairan pantai yang ideal untuk menyelam, snorkeling, dan memancing. Daerah pedalaman gurun dikenal karena hutan berduri, di mana pohon baobab berbentuk aneh telah berkembang selama berabad-abad.

5. Avenue of the Baobab

Avenue of the Baobab adalah sekelompok pohon yang melapisi jalan tanah antara Morondava dan Belon’i Tsiribihina di Madagaskar barat. Bentang alamnya yang menarik menarik wisatawan dari seluruh dunia, menjadikannya salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi di kawasan ini. Pohon-pohon Baobab, yang berusia hingga 800 tahun, pada awalnya tidak menjulang secara terisolasi di atas bentang alam tetapi berdiri di hutan tropis yang lebat. Selama bertahun-tahun, hutan ditebangi untuk pertanian, hanya menyisakan pohon-pohon baobab yang terkenal.

4. Nosy Be

Pulau kecil Nosy Be adalah salah satu tempat wisata utama Madagaskar yang menarik ribuan wisatawan dari seluruh dunia sepanjang tahun. Meskipun pantai Nosy Be tidak terlihat sebagai gambar yang sempurna seperti beberapa pantai tropis lainnya, mereka benar-benar memenangkan poin untuk ketenangan, air biru kehijauan, dan restoran seafood yang luar biasa yang menyajikan makanan laut di atas pasir.

3. Tsingy de Bemaraha

Cagar Alam Tsingy de Bemaraha terletak di wilayah selatan cagar alam terbesar Madagaskar, Cagar Alam Tsingy de Bemaraha. Kata “tsingy” mengacu pada puncak yang menghiasi dataran tinggi kapur taman. Terletak di dekat pantai barat negara, taman ini memiliki hamparan hutan bakau yang luas. Taman ini adalah rumah bagi tujuh spesies lemur, termasuk Deckens sifaka, genus lemur yang terkenal karena bulu putih kremnya dan wajahnya yang hitam.

2. Taman Nasional Isalo

Taman Nasional Isalo terkenal karena beragam medannya. Terletak di wilayah selatan tengah Madagaskar, taman ini mencakup area padang rumput, ngarai yang curam dan formasi batu pasir, semuanya dihiasi oleh kolam-kolam yang dibatasi oleh pohon-pohon palem. Seperti di banyak taman nasional di negara ini, panduan diperlukan. Tur dapat diatur untuk berlangsung sesingkat beberapa jam atau selama beberapa hari.

1. Ile Sainte Marie

Ile Sainte Marie terletak di lepas pantai timur Madagaskar. Susunan teluk dan ceruk terlindung di pulau itu menarik bajak laut ke Ile Sainte Marie selama abad ke-17 dan ke-18, dan bangkai kapal beberapa bajak laut masih dapat dilihat dari perairan Baie des Forbans yang dangkal. Saat ini pulau ini adalah salah satu tempat wisata terbaik di Madagaskar. Perairan teluk pulau yang tenang dan jernih ini merupakan tempat yang ideal untuk snorkeling. Ikan paus bungkuk yang bermigrasi mengunjungi perairan pulau selama musim panas dan awal musim gugur.

Objek wisata apa di Madagaskar yang menurut Anda paling menarik?