7 Museum Terbaik di Shanghai
Wisata Sejarah

7 Museum Terbaik di Shanghai

Shanghai adalah rumah bagi berbagai museum yang mengesankan, merayakan kota-kota – dan semua Cina – kemenangan bersejarah, artistik dan teknologi.

Pusat Seni Poster Propaganda

Pemilik museum ini mengoperasikannya secara rahasia selama sembilan tahun, di ruang bawah tanah gedung apartemen Distrik Changning. Akhirnya secara resmi diakui oleh pemerintah daerah pada tahun 2017. Alasan mengapa ia diselimuti kerahasiaan begitu lama adalah koleksi 5.000 karya seni propaganda Komunis Maois. Pameran ini wajib dilihat oleh siapa pun yang tertarik dengan sejarah Tiongkok modern, yang berdiri sebagai salah satu museum paling penting secara budaya di Cina saat ini. Cetakan poster tersedia di toko suvenir, serta salinan Buku Merah Kecil Mao yang terkenal.

Museum Maritim Tiongkok

Museum Shanghai yang interaktif ini menceritakan tentang sejarah maritim Cina yang menakjubkan melalui evolusi kapal-kapal angkatan lautnya. Pengunjung dapat belajar cara mengikat simpul seperti bajak laut, dan memanjat naik simulasi 3D kapal kargo yang berlayar menyusuri Sungai Huangpu. Ini adalah museum yang fantastis untuk anak-anak dari segala usia, dengan rekreasi menakjubkan dari kapal penjelajah Tiongkok Zheng He, dibangun kembali dengan detail yang rumit.

Museum Sejarah Alam Shanghai

Lakukan penyelaman mendalam ke dunia alami (dan kadang-kadang surealis) di Museum Sejarah Alam Shanghai, yang terletak di dalam Taman Patung Jing’an. Dibuka pada 2015, situs baru ini menggantikan institusi era 1950-an, dengan bangunan berbentuk seperti ruang lengkung nautilus. Cahaya alami mengalir melalui dinding kaca dan logam sepanjang 30 meter yang terlihat dan berfungsi seperti struktur seluler. Lebih dari 10.000 artefak dari seluruh dunia adalah bagian dari koleksi museum, di samping serangkaian kegiatan pendidikan untuk anak-anak, bioskop 4D, dan banyak lagi. Pastikan untuk memeriksa spesimen hewan endemik di Tiongkok, termasuk kerangka dinosaurus Mamenchisaurus yang berumur 140 juta tahun.

Pusat Pameran Perencanaan Kota Shanghai

Museum yang sangat ambisius ini dapat ditemukan di People’s Square. Lantai tiga menampung model skala lengkap Shanghai seperti yang ada saat ini, sering diperbarui dengan proyek konstruksi baru dan yang akan datang. Pameran yang memukau ini memberi pengunjung wawasan tentang apa yang diperlukan untuk membangun “kota masa depan”. Ada juga foto-foto lama dan berbagai model skala arsitektur paling ikonik di Shanghai, menunjukkan bagaimana kota ini telah berkembang seiring waktu.

Museum Sains dan Teknologi Shanghai

Pameran di museum ini termasuk Navigasi Luar Angkasa, lengkap dengan roket model, pakaian antariksa dan informasi tentang bagaimana astronot melatih dan mempersiapkan misi mereka. Tempat ini membuat upaya untuk mengedukasi pengunjung tentang sains dan alam dari perspektif Cina yang unik. Pameran Spectrum of Life, misalnya, adalah mikrokosmos dari alam yang ditemukan di provinsi Yunnan di Tiongkok, yang menampilkan hutan hujan, margasatwa, dan penduduk Dai Cina setempat.

Museum Shanghai

Gratis untuk umum, Museum Shanghai adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang tertarik dengan sejarah budaya kota. Galerinya menampilkan artefak seni Cina yang luar biasa sepanjang sejarah, termasuk logam perunggu kuno, keramik, dan patung Cina. Pameran khusus baru-baru ini termasuk The Ferryman of Ink: kaligrafi dan lukisan seniman terkenal Dong Qichang dan Crossroad: kepercayaan dan seni dari Dinasti Kushan. Pameran baru diluncurkan setiap bulan.

Temukan baju gamis batik favorit sebagai bawaan saat bepergian keluar negeri.

Museum Kaca Shanghai

Museum yang menakjubkan secara visual ini mengajari pengunjung tentang sejarah kaca di Tiongkok kuno, serta keterampilan dan tenaga yang dibutuhkan untuk membuatnya. Jika Anda memesan lebih awal, Anda dapat menghadiri kelas peniup gelas untuk mempelajari kerajinan itu sendiri. Semua ini diatur di sebuah pabrik pembuatan kaca tua dan repurposed, memberikan museum suasana yang otentik.